-->

DOWNLOAD MODUL PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK GURU, KEPALA SEKOLAH DAN PENGAWAS SEKOLAH | aheryy.blogspot.com

Tujuan Asesmen Panduan Penilaian Keberhasilan Penguatan Pendidikan Karakter merupakan sebuah instrumen untuk menilai keberhasilan program Penguatan Pendidikan Karakter di sekolah. Panduan penilaian ini merupakan pedoman umum yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai alat untuk membantu sekolah mengevaluasi program dan kegiatan PPK. Sebagai pedoman umum, indikator-indikator dalam panduan penilaian memberikan gambaran umum tentang apa yang perlu dinilai. Sekolah diharapkan dapat menyusun pedoman penilaian tersendiri yang lebih kaya dengan indikator lebih khusus sesuai dengan kebutuhan khas sekolah.
 
Ciri utama praksis pendidikan karakter adalah adanya otonomi moral yang didukung oleh motivasi internal individu dalam melaksanakan nilai-nilai moral. Dengan demikian, yang menjadi penilai adalah diri sendiri berhadapan dengan nilai-nilai moral kemanusiaan universal yang terpapar di hadapan individu. Karena itu, seseorang akan keliru menilai kualitas pembentukan karakter seseorang bila hanya melihat dimensi luarnya saja. Ketika pendekatan ini diterapkan dalam sebuah lembaga pendidikan, lembaga pendidikan sebagai tempat pembentukan karakter perlu memiliki otonomi moral kelembagaan, yang tampil dalam diri para pelaku pendidikan. Otonomi moral dalam proses penilaian PPK yang dimaksud adalah bahwa sekolah menilai diri sendiri sejauh mana keberhasilan program PPK yang telah mereka lakukan dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan pendidikan (guru, siswa, orang tua, dan komite Sekolah).
 
Tujuan modul adalah untuk memberikan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan kepada kepala sekolah agar dapat menerapkan Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter di sekolah melalui pendekatan pendidikan karakter berbasis kelas, budaya sekolah, dan masyarakat
 
Panduan penilaian Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang ada di dalam naskah ini merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dalam rangka memperkuat Pendidikan Karakter di lingkungan pendidikan. Dokumentasi penting ini juga akan dilengkapi dengan modulmodul pelatihan dalam rangka pengembangan kapasitas, baik itu untuk kepala sekolah, guru, komite sekolah dan pengawas, sebagai pelaku utama Penguatan Pendidikan Karakter di sekolah. Tim Penguatan Pendidikan Karakter telah mempersiapkan modulmodul pelatihan yang lengkap, yaitu modul pelatihan 30 jam, maupun 12 jam.

Modul pelatihan yang menyertai dokumen ini dibuat dalam struktur yang sederhana dan mudah dipraktikkan oleh para pelaku PPK, baik sebagai bacaan mandiri untuk memperkuat pemahaman dan implementasi PPK, maupun sebagai materi untuk memberikan pelatihan kepada para pelaku lain. Dokumen yang belum sempurna ini selalu terbuka untuk menerima masukan, kritik dan saran demi perbaikan pelaksanaan PPK di masa yang akan datang. Semoga melalui buku ini, seluruh sekolah di Indonesia semakin dapat menerapkan PPK sesuai dengan keunikan dan kekhasan sekolah dan daerah masing-masing sehingga pendidikan kita sungguh dapat melahirkan individu yang unik, khas, dengan bakat dan talenta tertentu, sebagai wujud dari kebhinekaan bangsa Indonesia yang kokoh, kuat, berkarakter, mandiri, dan memiliki jati diri khas sebagai bangsa Indonesia.
 
Panduan penilaian Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Guru
Panduan penilaian Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Kepala Sekolah
Panduan penilaian Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Komite
Panduan penilaian Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Pengawas Sekolah
Panduan penilaian Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
 

0 Response to "DOWNLOAD MODUL PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK GURU, KEPALA SEKOLAH DAN PENGAWAS SEKOLAH | aheryy.blogspot.com"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel