-->

Download Aplikasi e-Rapor SMA Versi 2017.2 Terbaru Beserta Panduannya

Sebagai upaya mewujudkan pendataan yang menyeluruh dan terintegrasi Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah mengembangkan sistem pendataan berbasis teknologi informasi yang diberi nama Sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik) versi 2017 yang didalamnya termasuk data nilai peserta didik.

Aplikasi e-Rapor SMA V.2017 versi tahun 2017 dikembangkan sebagai penyempurnaan dari versi tahun 2016, dalam rangka menjawab berbagai permasalahan yang timbul di lapangan dalam implementasinya pada semester 1 tahun pelajaran 2016/2017. Juga dalam rangka penyesuaian struktur database pada Dapodik versi 2017.
 

Mengintegrasikan nilai peserta didik SMA ke Dapodik, Direktorat Pembinaan SMA telah mengembangkan e-Rapor sejak tahun 2016. Aplikasi tersebut telah digunakan secara terbatas pada beberapa SMA. Selanjutnya, dengan mempertimbangkan saran dan masukan dari pengguna, penyesuaian aplikasi dapodik dan perkembangan kebijakan terkini, maka aplikasi e-Rapor SMA edisi 2016 dikembangkan menjadi versi e-Rapor SMA V.2017.

Aplikasi SMA K13 V.2017 versi tahun 2017 adalah penyempurnaan dari aplikasi SMA versi 1.07 tahun 2016, dalam rangka memperbaiki kelemahan dan permasalahan ketika diimplemetasikan sekolah pada semester 1 tahun pelajaran 2016/2017.

Aplikasi e-Rapor SMA versi tahun 2017 ini telah dilakukan perbaikan atas struktur database untuk menyesuaikan dengan struktur database Dapodik versi 2017 Melalui perbaikan ini diharapkan e-Rapor akan terus terdukung oleh perubahan database Dapodik sebagai data referensi utama. Aplikasi e-Rapor ini dikembangkan terkoneksi langsung dengan data dapodik.

Adapun perbaikan dan penyempurnaan yang telah dilakukan pada e-Rapor versi 2017 ini meliputi :

1. Perbaikan

a. Perbaikan Instalasi Aplikasi menggunakan Bahasa Indonesia.
b. Perubahan tampilan aplikasi Erapor.
c. Perbaikan pada aplikasi pengambilan data referensi (data sekolah, Data Guru, Data Siswa, Data Kelas dan Anggota Kelas, data mata pelajaran dan pembelajaran) yang bersumber dari data dapodik. d. Perbaikan pada generate user aplikasi secara otomatis.
e. Perbaikan pada input ekstra, input absensi, prestasi dan catatan wali kelas.
f. Perbaikan bug dan border cetak rapor ke printer maupun format word. g. Perbaikan cetak Leger Nilai (oleh Admin, Wali Kelas dan Guru BK). h. Perbaikan pada aplikasi dan sistem sinkronisasi nilai ke dapodik.

2. Pembaruan

a. Pembaharuan Paket Instalasi Aplikasi Erapor.
b. Perubahan struktur database Erapor.
c. Mensinkronkan struktur database erapor dengan database dapodik terbaru.
d. Menonaktifkan fitur edit data untuk kolom data yang bersumber dari data dapodik.
e. Memisahkan referensi lokal dengan referensi data dapodik, serta memberikan akses edit data khusus untuk data yang tidak ada di dapodik.
f. Pemetaan ulang menu aplikasi oleh Admin, Guru, Wali Kelas, Guru BK dan Siswa.
g. Melengkapi fitur Aplikasi untuk Admin, Wali, Guru dan BK.
h. Menambah tampilan rekap absensi dan grafik nilai.
i. Menambah fitur security untuk membatasi akses database langsung, diluar aplikasi erapor.
j. Melengkapi fitur import nilai oleh guru Mata Pelajaran.
k. Melengkapi notifikasi pada perencanaan untuk mengetahui apakah sebelumnya sudah melakukan perencanaan penilaian atau belum.
l. Menambah fitur edit ringkasan kompetensi dan menambah kompetensi oleh guru mata pelajaran masing-masing.
m. Membatasi jumlah karakter ringkasan kompetensi pada aplikasi.
n. Perbaikan pada sistem pengolahan nilai akhir dan deskripsi ketercapaian kompetensi.
o. Penambahan fitur baru pada proses deskripsi siswa oleh guru maupun wali kelas.

Ada beberapa tautan download yang penting, yaitu updater e-Rapor SMA Versi 2017.2, e-Rapor SMA 2017, dan Buku Panduan Sukses e-Rapor 2017. Skip Unduh

Berikut adalah tautan download-nya:
 
 
 
 

0 Response to "Download Aplikasi e-Rapor SMA Versi 2017.2 Terbaru Beserta Panduannya"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel