-->

Cek Status dan Unduh Rapor PMP pada aplikasi Dapodik

Bagi banyak pihak di sekolah terutamanya Tata Usaha, Kepala dan Wakil Kepala Sekolah, serta Guru yang menjadi operator sekolah, Aplikasi Dapodik (Data Pokok Pendidikan), dan Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) sudah tidak asing lagi. Secara singkat, aplikasi Dapodik dan PMP serta yang sekarang baru diluncurkan yaitu e-Rapor merupakan aplikasi resmi yang dibuat oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (DitJen DikDasMen) serta Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Ditjen PAUD-DIKMAS) yang memiliki tujuan menyatukan semua data pendidikan. Menggunakan sistem semi online, database awal sekolah (data prefill) diambil dari server pusat secara online melalui jaringan agar dapat digunakan di server lokal (sekolah), kemudian pengisian data dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil pengisian data dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (sinkronisasi).
 
Tulisan ini berlatar belakang permasalahan yang sering saya jumpai ketika berhubungan dengan pihak sekolah berkaitan dengan troubleshoot dalam menggunakan aplikasi Dapodik dan PMP, dengan harapan semoga dapat menjadi informasi bagi pihak-pihak yang membutuhkannya. Permasalahan yang paling sering muncul adalah lambatnya akses aplikasi tersebut, terlebih jika diakses bersama-sama dalam jaringan. Hal ini terjadi karena spesifikasi perangkat yang digunakan oleh sekolah masih jauh di bawah standar yang direkomendasikan. Aplikasi Dapodik dan PMP digunakan oleh jenjang pendidikan dasar dan menengah yaitu SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB. Untuk jenjang pendidikan TK dan Kelompok Bermain (KB) menggunakan aplikasi Dapodik Paud.
Contents [hide]
 
Aplikasi Dapodik, PMP Itu Apa?
 
Sistem Aplikasi Dapodik adalah aplikasi penjaring data pokok pendidikan pada kelompok jenjang pendidikan dasar dan menengah di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Entitas data pokok tersebut meliputi sekolah termasuk sarana dan prasarana, Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), Peserta Didik dan Proses Pembelajaran di dalam rombongan belajar (Rombel).
 
Aplikasi PMP dirancang sedemikian rupa sesuai dengan kaidah-kaidah Sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah yang bertujuan untuk menjamin pemenuhan standar pada satuan pendidikan dasar dan menengah secara sistemik, holistik, dan berkelanjutan, sehingga tumbuh dan berkembang budaya mutu pada satuan pendidikan secara mandiri. Di dalam aplikasi PMP tersedia kuesioner untuk setiap stakeholder sekolah yang digunakan untuk melakukan pemetaan mutu pendidikan yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan. Sesuai dengan amanat Undang Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan dan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Penjelasan singkat ini akan mengantarkan bapak/ibu mengetahui hasil raport PMP setiap sekolah. di dalam aplikasi rapor PMP ini bapak iibu bias mengetahui status kelengkapan, Kategori Capaian per Indikator dan Peta Mutu.

Langkah-langkah Cek dan Unduh Rapor PMP pada aplikasi Dapodik

  1. Buka Link Alternatif Disini stelah di buka laman tersebut
  2. Pilih Progres Pengiriman
  3. Kemudian Pilih Provinsi = Kabupaten = Kecamatan = Nama Sekolah Masing-Masing
  4. Perlu Di Ingat ( Setelah sampai langkah ke tiga ) akan muncul Tab sekolah yang di cari
  5. ada 2 pilihan ( Data Sekolah Kita ) dan ( Data Rapor PMP )
  6. Pilih atau Klik Data Rapor PMP ( Link )
  7. Langkah Terakhir ( Masuk menggunakan akun sama dengan Aplikasi Dapodik )
  8. Sampai Langkah No 7 maka di situ sudah llengkap tampilan Rapor PMP akan tetapi bapak/ibu OPS belum bias mengetahu status dan Rapor PMP
  9. Untuk itu maka unduh Rapor PMP yang mengahsilkan Format Excell
Demikian mengenai informasi Cek Status dan Unduh Rapor PMP pada aplikasi Dapodik bias bermanfaat untuk bapak/ibu guru OPS se Indonesia

0 Response to "Cek Status dan Unduh Rapor PMP pada aplikasi Dapodik"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel