-->

Perpres PPK Terbit, Pendidikan Karakter Wajib DI Terapkan

Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin, mengatakan, pihaknya akan menyiapkan Peraturan Menteri Agama (PMA) tentang Pendidikan Karakter. Hal ini sejalan dengan terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.
“Perpres 87/2017 perlu dioperasionalkan melalui Peraturan Menteri Agama (PMA) untuk diimplementasikan di lembaga-lembaga pendidikan di bawah Kementerian Agama RI,” terang Kamaruddin Amin, dikutip dari laman resmi Kemenag
 
Guru Besar Hadits UIN Alaudin Makasar ini minta jajarannya untuk memahami substansi Perpres 87 Tahun 2017 karena Kementerian Agama adalah pemain utama atau stakeholders utama dalam Penguatan Pendidikan Karakter di negeri ini. Selain itu, Kemenag juga harus segera menyiapkan Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis, agar pendidikan karakter efektif dijalankan di madrasah, pondok pesantren, Madrasah Diniyah Takmiliyah, TPQ, PAI pada Sekolah dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).
“Saya minta para Direktur segera mempresentasikan draf awal desain pendidikan karakter, dengan konten yang komprehensif dan bagus. Pendidikan karakter pada pendidikan Islam konkritnya seperti apa? Bagaimana menanamkan nasionalisene, karakter religuisitas, gotong royong dan kemandirian di kalangan madrasah?,” tuturnya.
 
Dalam hal penanaman pendidikan karakter di pondok pesantren, Kamarudin menyebut beberapa kegiatan yang selama ini sudah berjalan. Beberapa kegiatan itu di antaranya apel kebangsaan, penyelenggaraan Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK), dan Peringatan Hari Santri Nasional (HSN).
 
Selain itu, Kamaruddin minta Direktur Pendidikan Agama Islam agar kegiatan Pentas PAI yang tahun ini akan digelar di Aceh dan juga Perkemahan Rohani Islam (Rohis) dapat didesain untuk memperkuat karakter, moral dan akhlakul karimah peserta didik di sekolah semakin mantap.
 
Untuk lebih jelas mengnai Perpres tentang Pendidikan Karakter Silahkan Download
 

0 Response to "Perpres PPK Terbit, Pendidikan Karakter Wajib DI Terapkan"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel