-->

Download Aplikasi e-Rapor SMP Tahun Pelajaran 2017/2018 Beserta Panduannya

Aplikasi e-Rapor SMP – Permendikbud Nomor  23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan menerangkan bahwa penilaian pendidikan pada pendidikan dasar dan menengah terdiri atas penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh pendidik, sekolah, dan pemerintah. Penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh pendidik bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi proses belajar, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan dan terus menerus.

Dalam proses penilaian hasil belajar peserta didik akan lebih sistematis, komprehensif, akurat, dan cepat dilakukan jika didukung dengan perangkat aplikasi komputer. Berkaitan dengan hal tersebut, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama mengembangkan aplikasi e-Rapor SMP yang terintegrasi dengan Data Dapodik. Jika sekolah Bapak/Ibu belum menggunakan aplikai e-rapor untuk SMP tahun pelajaran 2017/2018, silahkan download pada tautan dibawah ini.

Aplikasi e-Rapor SMP adalah sebuah aplikasi yang didukung dengan berbasis website, sehingga penggunaan untuk aplikasi ini cukup diinstal pada komputer yang menjadi server. Sementara untuk client yang didalamnya termasuk admin/operator, guru, wali kelas, kepala sekolah, orang tua wali dan siswa) dapat mengaksesnya dengan menggunakan komputer lain yang terhubung dengan jaringan baik memakai internet, maupun intranet, memakai web browser.

Aplikasi e-Rapor SMP dikembangkan dengan berpedoman pada panduan penilaian tahun 2017 cetakan ketiga yang diterbitkan oleh pihak Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama. Dengan adanya Aplikasi ini pekerjaan Bapak/Ibu terutama wali kelas akan menjadi lebih mudah. Hasilnya juga akan lebih baik karena format penilaiannya sudah sesuai dengan standar penilian yang berlaku.
 
Sebelum menggunakan Aplikasi e-Rapor SMP ada baiknya mempelajari cara penggunaan aplikasi ini, berikut poin-poin utamanya :

Login sebagai Admin
Cara pengambilan data dari dapodik ke e-Rapor SMP tahun pelajaran 2017/2018
Cara maping mapel (mata pelajaran)
Cara input nilai ketentusan minimal (KKM)
Cara input nilai di e-Rapor
Mengirim nilai ke dapodik (sinkronisasi)
Cetek leger nilai
Cetak rapor

Untuk lebih jelasnya mengenai penggunaan aplikasi e-Rapor SMP bisa di download pada tautan dibawah ini.
 

0 Response to "Download Aplikasi e-Rapor SMP Tahun Pelajaran 2017/2018 Beserta Panduannya"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel