-->

Cara Upload Data Siswa Di Bio UN Tahun Ajaran 2017/2018

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) /Ujian Sekolah (US) Tahun Ajaran 2017/2018 masih cukup lama . Namun pendaftaranan peserta ujian secara online harus segera dilaksanakan di sekitar bulan Desember-Januari. Tentu banyak hal yang harus dipersiapkan, diantaranya validasi data siswa kelas akhir yang akan ikut ujian. Validasi data mutlak diperlukan karena jika terdapat kesalahan data siswa bisa berakibat vatal bagi siswa. Jika diketahui ada data siswa yang salah, maka secepatnya diperbaiki. Jika ada kesalahan nama, tanggal lahir atau nama ibu maka perlu diperbaiki di alamat https://sso.data.kemdikbud.go.id . Jika kesalahannya diluar yang disebutkan tadi, maka perbaikannya dilaksanakan di dapodik.

Di daerah kami, untuk tahun 2018 pendataan data siswa peserta UN agak berbeda jika dibandingkan tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya upload file dz ke bio un dilaksanakan oleh operator UPTD, sekarang langsung oleh operator sekolah. Tahun sebelumnya data siswa masih bisa diedit secara manual karena disediakan aplikasi bio un secara ofline, tahun ini tidak lagi sehingga edit data siswa harus dilaksanakan di vervalpd dan dapodik.

Secara singkat tahapan dalam pendaftaran data siswa peserta UN/US adalah sebagai berikut:
  1. Masuk ke alamat  http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ . Gunakan userid / email dan password yang biasa digunakan masuk ke dapodik untuk masuk ke alamat pdun.
  2. Jika sudah masuk, klik menu calon peserta UN. Di sana bisa kita lihat daftar nama peserta UN yang datanya berasal dari data dapodik sekolah. Teliti satu per satu data siswa dan bandingkan dengan dokumen yang dimiliki siswa (akta, Ijazah,KK). Bila ada kesalahan, perbaiki dulu data siswa. Jika salah nama, tanggal lahir dan nama ibu, perbaiki di vervalpd yang beralamat di lamat https://sso.data.kemdikbud.go.id . Jika kesalahannya di luar itu, perbaiki di dapodik.
  3. Jika data siswa sudah valid, lakukan terlebih dahulu pengaturan No Kursi, karena jika tidak maka data siswa tidak bisa didownload. Klik di menu pengaturan no kursi, dan lakukan pengaturan no kursi.
  4. Selanjutnya unduh data siswa peserta un dengan mengklik menu "Unduh File Calon Peserta UN". Tunggu sampai file selesai terunduh. File yang terunduh berbentuk file dz. Untuk melihat posisi file hasil unduhan, jika menggunakan Crome tinggal klik panah di sebelah kanan nama file. Kemudian pilih Show in Folder. Secara standar file biasanya berada di folder unduhan. File hasil unduhan bisa tetap di folder tersebut atau bisa juga dipindahkan ke tempat yang kita inginkan. Yang terpenting anda harus ingat tempat file tersebut jika nanti akan mengunduh di bio un.
  5. Sekarang buka Bio UN ( pilih alamat sesuai jenjang sekolah  :https://biounsdmi.kemdikbud.go.id/ ,   biounsmp.kemdikbud.go.id/ , https://biounsmama.kemdikbud.go.id/ , https://biounsmk.kemdikbud.go.id/ ) . Masuk dengan user name dan kata sandi yang dimiliki. User name dan kata sandi biasanya didistribusikan oleh admin kabupaten. Jika belum punya silahkan minta ke admin kabupaten. 
  6. Jika user name, password dan kode yang dimasukan benar maka anda akan masuk ke laman bio un. Kemudian klik menu "Upload dari Dapodik/Emis. Akan muncul jendela uploader. Klik tambah . Cari file dz yang tadi diupload kemudian klik open.
  7. Jika file dz sudah masuk ke daftar antrian di jendela uploader, klik unduh sehingga file akan masuk ke aplikasi.
  8. Untuk mengecek hasil upload silahkan klik menu Data Master - Siswa. Jika nama siswa belum muncul refresh laman browser anda  (Ctrl +F5). Jika semua proses dilaksanakan sesuai urutan, nama siswa akan muncul di bio UN.
  9. Demikianlah cara upload siswa calon peserta UN ke laman bio un. Pastikan seluruh data siswa valid sebelum anda mengupload data ke bio un.
Catatan : Tampilan  laman bio un yang digunakan dalam tutorial di atas adalah tampilan Bio UN SD. Mungkin untuk Bio UN SMP, SMA atau SMK ada sedikit perbedaan tampilan menu.





0 Response to "Cara Upload Data Siswa Di Bio UN Tahun Ajaran 2017/2018"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel